LITERATURE REVIEW : POTENSI PEMBELAJARAN MATERI KULTUR JARINGAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Lia Risnawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang
  • Merlly Alfina Septiana Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang
  • Ade Rahma Pertiwi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang
  • Salma Najikhah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang
  • Deka Yuna Ikhtiaringtyas Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang
  • Praptining Rahayu Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kultur jaringan, berpikir kritis, Problem Based Learning

Abstract

Konsep kultur jaringan masuk dalam materi bioteknologi yang pelaksanaan pembelajarannya dilakukan secara aplikatif yang dikaitkan dengan obyek nyata dan kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya banyak sekolah yang proses pembelajaran  kultur  jaringan  masih  berlangsung  secara konvensional,  Materi kultur jaringan sendiri merupakan materi kompleks sehingga pemikiran siswa kurang terintegrasi jika hanya di jelaskan secara abstrak. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa tidak maksimal karena pembelajaran kultur jaringan yang masih monoton. Masalah yang dihadapi guru adalah bagaimana upaya untuk menggunakan model pembelajaran agar dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada konsep kultur jaringan. Model Problem Based Learning merupakan pmbelajaran yang menggunakan masalah nyata dan terbuka sebagai konteks bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis serta sekaligus membangun pengetahuan baru. Oleh karena itu, melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran kultur jaringan ini dapat lebih menekankan pehamankonsep materi kultur jaringan baik secara visual maupun praktik.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles