PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN BERORIENTASI EDUCATION FORSUSTAINABLE DEVELOMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
Keywords:
ESD, kultur jaringan, berpikir kritis, kreatifAbstract
ESD (Education for Sustainable Development) atau Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PUPB) merupakan suatu upaya untuk memperlengkapi individu, komunitas, kelompok, dunia bisnis, dan pemerintah untuk hidup dan bertindak berkelanjutan dengan memberikan mereka suatu pemahaman keterkaitan antara isu-isu pangan , ekonomi, lingkungan dan social. Kultur jaringan dapat dijadikan sebagi solusi dalam mendukung ESD. Kultur jaringan dapat mendukung ESD dalam bidangpertanian yaitu dalam sisi pangan dan ekonomi . Metode dalam penelitian ini menggunakan data skunder yang diambil dari jurnal penelitian yang relevan, artikel ESD ini menggunakan data sekunder yang diambil dari 20 jurnal yang relevan dan pustaka yang digunakan menggunakan pendekatan analitik. Berdasarkan hasil analisis kajian artikel yang relevan mendapatkan hasil bahwa pembelajaran kultur jaringan yang berorientasi pada ESD untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreatif siswa dapat dilakukan menggunakan beberapa cara yaitu dengan metode PJBL (Project Based learning), memasukan penerapan kultur jaringan sebagai media pembelajaran, menggunakan model pembelajaran ProBLes (Problem Based Learning Education for Suistainable Development), dan dengan Life-long learning.