MANAJEMEN KELAS REVOLUSI INDUSTRI 4.0-ABAD 21 MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEAM
Keywords:
manajemen kelas, abad 21, STEAM, PjBLAbstract
Manajemen kelas dibutuhkan dalam suatu terselenggaranya proses pembelajaran. Suatu proses pembelajaran biasanya menentukan pendekatan dan model pembelajaran. Melalui pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) yang merupakan pendekatan pendidikan interdisipliner yang menekankan integrasi antara berbagai disiplin ilmu tersebut dalam pembelajaran. Pendekatan STEAM menggabungkan elemen-elemen sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan kritis, pemecahan masalah, kreativitas, dan kerja tim., serta model pembelajaran PjBL dengan menggunakan project/kegiatan sebagai media. Kedua aspek tersebut dapat digunakan pada abad 21. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kajian pustaka dari salah satu fitur media sosial yaitu Google Scholars, dengan literature review artikel. Dengan metode kajian pustaka, didapatkan hasil yaitu manajemen kelas memiliki tiga komponen. Komponen-komponen itu antara lain yaitu manajemen instruksional dan kurikulum, manajemen perilaku atau behaviour, dan manajemen lingkungan. Ketiga komponen tersebut sangat penting guna mewujudkan manajemen kelas revolusi industri 4.0 di abad 21 ini. Tanpa ketiga komponen tersebut, suatu manajemen kelas tidak dapat dikatakan sebagai manajemen kelas yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk memiliki tujuan mengembangkan kemampuan aspek teoritis dan aspek praktis terkait manajemen kelas abad 21 melalui pendekatan STEAM dengan menggunakan model PjBL.