MANAJEMEN KELAS OUTDOOR YANG EFEKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH MENENGAH
Keywords:
outdoor study, manajemen kelas, pembelajaran di luar kelasAbstract
Manajemen kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pengajaran secara efesien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Dengan Pembelajaran Outdoor memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung di alam terbuka, seperti taman, hutan, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan interaksi langsung dengan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan siswa dalam model Pembelajaran Outdoor dengan manajemen kurikulum dan instruksional, manajemen behavior, dan manajemen lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode studi kepustakaan dengan menulusuri jurnal yang sesuai dengan topik ini melalui google scholar. Dalam manajemen kurikulum dan instruksional, dapat menggunakan Kurikulum Merdeka, serta menggunakan metode pembelajaran aktif, guru dapat mengoptimalkan pembelajaran di luar ruangan. Dengan berbasis Outdoor Study, model Discovery Learning meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa, model PjBL, PBL, dan TGT juga dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa, pembelajaran Contextual Teaching memberikan makna yang lebih dalam karena siswa mudah menguasai konsep-konsep sains dan lingkungan sekitar melalui pengamatan, model Inquiry Learning dalam pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Manajemen perilaku pada pembelajaran kelas outdoor melibatkan penggunaan strategi dan teknik untuk mengelola tingkah laku siswa agar tetap terlibat, terorganisir, dan fokus selama kegiatan di luar ruangan. Manajemen lingkungannya yakni selain berada di lingkungan sekitar sekolah, guru dapat membawa anak kedalam lingkungan dan masyarakat untuk keperluan pelajaran (karyawisata, survey, dll).