MANAJEMEN KELAS OUTDOOR YANG EFEKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Eny Hartadiyati WH Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Devanny Kurniawan Widodo Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Riska Ayu Nabilla Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Eka Maya Putri Anggraeni Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Angelica Tricia Wijaya Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Silvi Aifiyyatul Fajriyah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

outdoor study, manajemen kelas, pembelajaran di luar kelas

Abstract

Manajemen kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya  untuk  menciptakan  dan  mempertahankan  kondisi  kelas  sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pengajaran secara efesien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Dengan Pembelajaran Outdoor memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung di alam terbuka, seperti taman, hutan, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan interaksi langsung dengan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan siswa dalam model Pembelajaran Outdoor dengan manajemen kurikulum dan instruksional, manajemen behavior, dan manajemen lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode studi kepustakaan dengan menulusuri jurnal yang sesuai dengan topik ini melalui google scholar. Dalam manajemen kurikulum dan instruksional, dapat menggunakan Kurikulum Merdeka, serta menggunakan metode pembelajaran aktif, guru dapat mengoptimalkan pembelajaran di luar ruangan. Dengan berbasis  Outdoor Study, model Discovery Learning meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa, model PjBL, PBL, dan TGT juga dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa, pembelajaran Contextual Teaching memberikan makna yang lebih dalam karena siswa   mudah   menguasai   konsep-konsep   sains   dan   lingkungan   sekitar   melalui pengamatan, model Inquiry Learning dalam pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Manajemen perilaku pada pembelajaran kelas outdoor melibatkan penggunaan strategi dan teknik untuk mengelola tingkah laku siswa agar tetap terlibat, terorganisir, dan fokus selama kegiatan di luar ruangan. Manajemen lingkungannya yakni selain berada di lingkungan sekitar sekolah, guru dapat membawa anak  kedalam  lingkungan  dan  masyarakat  untuk  keperluan  pelajaran  (karyawisata, survey, dll).

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles