MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN COOPERATIVE BERBASIS E-LEARNING

Authors

  • Eny Hartadiyati WH Progam Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Devi Oktaviani Safitri Progam Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Bagas Prio Saputro Progam Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Laili Fatrotul Munawaroh Progam Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Imarotul Umamah Progam Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Rizky Amalia Putri Progam Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

manajemen kelas, cooperative, e-learning

Abstract

Manajemen kelas pembelajaran cooperative berbasis e-learning merupakan metode yang menyajikan manajemen kelas dengan cara pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, pengembangan keterampilan sosial, serta pemahaman konsep yang lebih mendalam. Diperlukan konsep manajemen kelas yang efektif dalam mengatur manajemen perencanaan, manajemen perilaku, dan manajemen lingkungan karena penggunaan teknologi e- learning yang efektif menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran siswa. Metode  yang  digunakan  ialah  literature  review  dimana  melibatkan  analisis terhadap berbagai artikel, jurnal, dan sumber literatur yang terkait. Hasil tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa manajemen kelas dalam pembelajaran kooperatif berbasis e-learning melibatkan beberapa aspek kunci. Perencanaan kurikulum menjadi landasan yang penting dalam dalam manajemen kelas berbasis e- Learning. Pemilihan materi dan strategi pengajaran yang tepat dalam memanfaatkan  penggunaan  teknologi  e-Learning  dapat  menjadi  faktor keberhasilan pembelajaran. Pengolahan perilaku dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dapat membangun aturan kelas yang jelas, komunikasi yang baik serta kondusif, memberikan penguatan positif, dan penanganan konflik menjadi strategi yang diperlukan dalam mengelola perilaku siswa dalam pembelajaran kooperatif berbasis e-learning. Manajemen lingkungan yang baik, mengarah pada pengaturan fisik yang nyaman, kultur kelas yang positif, manajemen waktu yang baik, serta pemanfaatan teknologi yang yang mendukung dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang baik dalam konteks e-learning. Manajemen kelas yang baik dalam konteks ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa,  memperkuat  kolaborasi  dan  kerjasama,  mengembangkan  keterampilan sosial dan emosional, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, manajemen kelas pembelajaran kooperatif berbasis e-learning merupakan pendekatan yang penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital ini. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang aspek- aspek yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas dalam konteks pembelajaran kooperatif berbasis e-learning, serta manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan metode ini.

 

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles