MANAJEMEN KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING YANGINOVATIF UNTUK SEKOLAH MENENGAH
Keywords:
manajemen kelas, blended learning, kurikulum merdekaAbstract
Zaman teknologi berkembang sangat pesat terutama dengan karakteristik IPTEK di dunia Pendidikan abad 21. Di era perkembangan zaman, siswa sekarang dapat belajar sesuai dengan kemauan mereka dan dapat menentukan tempat mereka untuk belajar. Cara tersebut merupakan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur review. Pencarian dan pengumpulan data dengan cara menelusuri e- jurnal menggunakan Google Scholar dan e-Journal Upgris dalam rentang waktu 2018- 2023. Blended learning diperlukan pada era modern saat ini. Pada manajemen kelas kurikulum dan instruksional, pembelajaran online menggunakan metode pembelajaran dengan mempertimbangkan penggunaan pembelajaran kolaboratif, diskusi online, dan sumber digital sedangkan secara offline dengan pemaparan materi secara tatap muka serta menyusun jadwal pembelajaran yang efektif dengan memadupadankan kurikulum merdeka di dalamnya. Pada manajemen perilaku meliputi sebelum memulai pembelajaran daring maupun luring guru menanyakan kabar siswa. Pada manajemen lingkungan secara offline meliputi setting kelas, penataan furnitur, alat media pembelajaran dan juga pencahayaan yang dibutuhkan siswa. Sedangkan secara online meliputi device yang memadai dan pencahayaan cukup. LMS sekarang menjadi pilihan bagi bidang pendidikan terutama pada pembelajaran virtual. Dari literature review yang dilakukan, diperoleh bahwa penerapan manajemen kelas dengan pembelajaran model blended learning dengan mencampurkan kegiatan berbasis TIK secara luring atau daring dapat berpengaruh pada proses pembelajaran yang inovatif, pelaksanaan komponen juga menjadi dampak positif siswa pada model pembelajaran blended learning dalam model pembelajaran seperti manajemen kelas kurikulum dan instruksional, manajemen perilaku, dan manajemen lingkungan.