MANAJEMEN KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING YANGINOVATIF UNTUK SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Eny Hartadiyati WH Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Oktafia Dewi Putri Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Anggi Septia Pramaista Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Najwa Aulia Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Via Valenta Kafita Ardian Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Muhamad Wisnu Khoiriyan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

manajemen kelas, blended learning, kurikulum merdeka

Abstract

Zaman teknologi berkembang sangat pesat terutama dengan karakteristik IPTEK di dunia Pendidikan abad 21. Di era perkembangan zaman, siswa sekarang dapat belajar sesuai  dengan kemauan mereka dan dapat menentukan tempat mereka untuk belajar. Cara tersebut merupakan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur review. Pencarian dan pengumpulan data dengan cara menelusuri e- jurnal menggunakan Google Scholar dan e-Journal Upgris dalam rentang waktu 2018- 2023. Blended learning diperlukan pada era modern saat ini. Pada manajemen kelas kurikulum dan instruksional, pembelajaran online menggunakan metode  pembelajaran  dengan  mempertimbangkan  penggunaan  pembelajaran kolaboratif, diskusi online, dan sumber digital sedangkan secara offline dengan pemaparan materi secara tatap muka serta menyusun jadwal pembelajaran yang efektif dengan memadupadankan kurikulum merdeka di dalamnya. Pada manajemen perilaku meliputi sebelum memulai pembelajaran daring maupun luring guru menanyakan kabar siswa.  Pada  manajemen  lingkungan  secara  offline meliputi  setting  kelas,  penataan furnitur, alat media pembelajaran dan juga pencahayaan yang dibutuhkan siswa. Sedangkan secara online meliputi device yang memadai dan pencahayaan cukup. LMS sekarang menjadi pilihan bagi bidang pendidikan terutama pada pembelajaran virtual. Dari literature review yang dilakukan, diperoleh bahwa penerapan manajemen kelas dengan pembelajaran model blended learning dengan mencampurkan kegiatan berbasis TIK  secara  luring  atau  daring  dapat  berpengaruh  pada  proses  pembelajaran  yang inovatif, pelaksanaan komponen juga menjadi dampak positif siswa pada model pembelajaran  blended  learning  dalam  model  pembelajaran  seperti  manajemen kelas kurikulum dan instruksional, manajemen perilaku, dan manajemen lingkungan.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles