MANAJEMEN KELAS DALAM METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM

Authors

  • Eny Hartadiyati WH Program Studi Pendidikan Biologi
  • Danu Handrian Firdaus Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Safira Asanu Lestari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Steffy Amelia Savitri Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

manajemen kelas, pembelajaran praktikum, laboratorium

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan prinsip-prinsip utama yang terkait dengan manajemen kelas dalam metode pembelajaran praktikum di laboratorium. Peneliti juga akan mengidentifikasi strategi dan teknik yang efektif dalam mengelola kelas praktikum, serta memberikan saran praktis bagi pengajar untuk mengoptimalkan pengalaman pembelajaran siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode study pustaka. Dengan pendekatan kualitatif melalui eksplorasi sumber yang digunakan yaitu database jurnal penelitian dan pencarian melalui internet. Database yang digunakan yaitu Google Scholar (Google Cendekia) dengan periode 5 tahun terakhir dari tahun 2018-2023. Berdasarkan hasil analisis artikel didapatkan informasi: 1) Pengaturan instruksional yang efektif dalam metode pembelajaran praktikum di laboratorium melibatkan perencanaan yang matang, pengorganisasian yang cermat, dan mempertimbangkan aspek keamanan dan pengendalian risiko. 2) Pengelolaan perilaku yang perlu diterapkan selama pelaksanaan praktikum dalam menciptakan pembelajaran praktikum yang terstruktur dan kondusif dalam menciptakan Pendidikan yang berkualitas.

3)  Manajemen  lingkungan  pada  metode  pembelajaran  praktikum  dilaksanakan  di laboratorium melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan

dan pemeliharaan alat bahan, pengadministrasian, dan pengawasan evaluasi. Kesimpulan

yang didapatkan yaitu Manajemen kelas metode pembelajaran praktikum memiliki 3 komponen penting yang saling berkaitan dan berkesinambungan satu sama lain yaitu manajemen instruksional dan kurikulum, manajemen behaviour, dan manajemen lingkungan. Ketiganya saling berkaitan dalam pengelolaan manajemen kelas pada pembelajaran praktikum untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang memungkinkan siswa di dalam kelas dapat belajar dengan efektif dan efisien.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles