MANAJEMEN KELAS DALAM METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM
Keywords:
manajemen kelas, pembelajaran praktikum, laboratoriumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan prinsip-prinsip utama yang terkait dengan manajemen kelas dalam metode pembelajaran praktikum di laboratorium. Peneliti juga akan mengidentifikasi strategi dan teknik yang efektif dalam mengelola kelas praktikum, serta memberikan saran praktis bagi pengajar untuk mengoptimalkan pengalaman pembelajaran siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode study pustaka. Dengan pendekatan kualitatif melalui eksplorasi sumber yang digunakan yaitu database jurnal penelitian dan pencarian melalui internet. Database yang digunakan yaitu Google Scholar (Google Cendekia) dengan periode 5 tahun terakhir dari tahun 2018-2023. Berdasarkan hasil analisis artikel didapatkan informasi: 1) Pengaturan instruksional yang efektif dalam metode pembelajaran praktikum di laboratorium melibatkan perencanaan yang matang, pengorganisasian yang cermat, dan mempertimbangkan aspek keamanan dan pengendalian risiko. 2) Pengelolaan perilaku yang perlu diterapkan selama pelaksanaan praktikum dalam menciptakan pembelajaran praktikum yang terstruktur dan kondusif dalam menciptakan Pendidikan yang berkualitas.
3) Manajemen lingkungan pada metode pembelajaran praktikum dilaksanakan di laboratorium melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan
dan pemeliharaan alat bahan, pengadministrasian, dan pengawasan evaluasi. Kesimpulan
yang didapatkan yaitu Manajemen kelas metode pembelajaran praktikum memiliki 3 komponen penting yang saling berkaitan dan berkesinambungan satu sama lain yaitu manajemen instruksional dan kurikulum, manajemen behaviour, dan manajemen lingkungan. Ketiganya saling berkaitan dalam pengelolaan manajemen kelas pada pembelajaran praktikum untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang memungkinkan siswa di dalam kelas dapat belajar dengan efektif dan efisien.