MANAJEMEN KELAS HYBRID PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Keywords:
manajemen kelas, hybrid learning, , pembelajaran hybrid, hybrid Project Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menelusuri proses manajemen kelas dengan menggunakan hybrid learning untuk mengetahui penggunaan metode hybrid learning dalam proses pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literature review, dimana dilakukan pencarian literatur melalui database jurnal dan artikel secara online. Data yang dikumpulkan diambil dari Google Scholar dengan kata kunci "Hybrid Learning, manajemen kelas, hybrid project based learning" dalam periode 2018-2023. Setelahnya dilakukan analisis artikel untuk mengetahui artikel yang berkaitan dengan judul penelitian. Kesimpulan yang didapatkan yaitu manajemen kelas metode Hybrid Project Based Learning memiliki 3 komponen penting yang saling berkaitan, yaitu manajemen instruksional dan kurikulum, manajemen behaviour, dan manajemen lingkungan. Ketiga komponen tersebut sangat dibutuhkan agar terciptanya suasana kelas yang kondusif dan pembelajaran menjadi lebih efektif. Hybrid learning memiliki berbagai faktor, sehingga pengaplikasian metode belajar ini dapat merangsang kemampuan siswa untuk lebih berkembang ke arah yang lebih baik.