MANAJEMEN KELAS HYBRID PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Authors

  • Eny Hartadiyati WH Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Fahmi Dwi Septiani Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Ainin Tusamma Salsabila Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Dina Alfiyana Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Siti Dzakiyatus Sholekhah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

manajemen kelas, hybrid learning, , pembelajaran hybrid, hybrid Project Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menelusuri proses manajemen kelas dengan menggunakan hybrid learning untuk mengetahui penggunaan metode hybrid learning dalam proses pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  Literature  review,  dimana  dilakukan  pencarian literatur melalui database jurnal dan artikel secara online. Data yang dikumpulkan diambil dari Google Scholar dengan kata kunci "Hybrid Learning, manajemen kelas, hybrid project based learning" dalam periode 2018-2023. Setelahnya dilakukan analisis artikel untuk mengetahui artikel yang berkaitan dengan judul penelitian. Kesimpulan yang didapatkan yaitu manajemen kelas metode Hybrid Project  Based  Learning  memiliki  3  komponen  penting  yang  saling  berkaitan, yaitu manajemen instruksional dan kurikulum, manajemen behaviour, dan manajemen lingkungan. Ketiga komponen tersebut sangat dibutuhkan agar terciptanya suasana kelas yang kondusif dan pembelajaran menjadi lebih efektif. Hybrid learning memiliki berbagai faktor, sehingga pengaplikasian metode belajar ini dapat merangsang kemampuan siswa untuk lebih berkembang ke arah yang lebih baik.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles