Aplikasi Pembelajaran Ilmu Bahan Bagi Siswa Kelas X Berbasis Augmented Reality Di SMK PIKA Semarang

Authors

  • Juanda Santoso Eka P. Universitas PGRI Semarang
  • Nugroho Dwi Saputro Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Ilmu Bahan

Abstract

Abstract.
To improve material science learning for class X students at SMK PIKA Semarang, an
Augmented Reality (AR)-based learning application has been created. The development
method used was Iterative and Rapid Prototyping (IRP), which allowed the application design
and implementation process to be carried out through repeated iteration cycles. The main
focus of the development was to provide an interactive learning experience without neglecting
visual aesthetics. The IRP method was chosen to accelerate the creation and development of
this learning application. The design phase involved material research, concept planning,
interface design, and simple prototyping. Furthermore, the implementation phase involved
developing an application based on the prototype that had been designed. The results of this
study are expected to provide evidence that the IRP method is effective in developing materials
science learning applications for class X at SMK PIKA Semarang.
Keywords: Learning Applications; Augmented Reality (AR); Materials Science; PIKA
Vocational School

 

Abstrak
Dalam upaya meningkatkan pembelajaran ilmu bahan bagi siswa kelas X di SMK PIKA
Semarang, Maka dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR).
Metode pengembangan yang digunakan adalah Iterative and Rapid Prototyping (IRP), yang
memungkinkan proses perancangan dan implementasi aplikasi dilakukan melalui siklus iterasi
yang berulang. Fokus utama pengembangan adalah memberikan pengalaman bermain
sambal belajar yang interaktif tanpa mengabaikan aspek estetika visual. Metode IRP dipilih
untuk mempercepat pembuatan dan pengembangan aplikasi pembelajaran ini. Tahap desain
melibatkan riset materi, perencanaan konsep, perancangan antarmuka, dan pembuatan
prototipe sederhana. Selanjutnya, tahap implementasi melibatkan pengembangan aplikasi
berdasarkan prototipe yang telah dirancang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat
memberikan bukti bahwa metode IRP efektif dalam pengembangan aplikasi pembelajaran ilmu
bahan untuk kelas X di SMK PIKA Semarang.
Kata Kunci : Aplikasi Pembelajaran; Augmented Reality (AR); Ilmu Bahan; SMK PIKA

Downloads

Published

2023-06-28 — Updated on 2023-12-21

Issue

Section

Articles