Sistem Informasi Geografis Pemeliharaan Data Aset Jaringan Distribusi Tegangan Menengah Dan Tegangan Rendah Di Wilayah Unit Layanan Pelanggan Semarang Selatan
Keywords:
Geographic Information System, QGIS, Distribution Network, JTM, JTRAbstract
Abstract.
As an effort to improve the service of PT PLN (Persero) Semarang Customer Service Implementation Unit requires a Geographic Information System. Geographic Information System for Data Maintenance of Medium Voltage and Low Voltage Distribution Network Assets PT PLN (Persero) Semarang Customer Service Implementation Unit in the South Semarang Customer Service Unit area aims to improve services so that it has great benefits in facilitating the process of managing information, especially spatial and non-spatial data. space in digital form. This research method uses QGIS 3.28.2 and the design method uses the prototyping method. The results of the disaster can display the assets of PT PLN Customer Service Unit South Semarang in the form of poles and locations of medium voltage and low voltage networks that can be used by companies and communities to analyze assets and as a reliable source of information in evaluating policies and making informed decisions. fast and optimized.
Keywords: Geographic Information System; QGIS; Distribution Network; JTM; JTR.
Abstrak
Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan PT PLN (Persero) Unit Pelaksanaan pelayanan Pelanggan Semarang membutuhkan sebuah Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis untuk Pemeliharaan Data Aset Jaringan Distribusi Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah PT PLN (Persero) Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan Semarang di wilayah Unit Pelayanan Pelanggan Semarang Selatan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan sehingga memiliki manfaat besar dalam mempermudah proses pengelolaan informasi, khususnya data spasial dan non spasial dalam bentuk digital. Metode penelitian ini menggunakan QGIS 3.28.2 dan metode perancangan menggunakan metode prototyping. Hasil dari pemetaan tersebut dapat menampilkan aset PT PLN Unit Layanan Pelanggan Semarang Selatan yang berupa tiang dan lokasi jaringan tegangan menengah dan jaringan tegangan rendah yang dapat digunakan oleh perusahaan dan masyarakat untuk menganalisis aset dan sebagai sumber infomasi yang dapat diandalkan dalam mengevalusiasi kebijakan dan membuat keputusan yang cepat dan optimal.
Kata Kunci: Sistem Informasi Geografis; QGIS; Jaringan Distribusi; JTM; JTR.