Implementasi Sistem Usulan Buku Berbasis Web menggunakan Metode Prototype di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah

Authors

  • Fanny Eka Saputri Universitas PGRI Semarang
  • Yeni Puspitasari Universitas PGRI Semarang
  • Khoiriya Latifah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Usulan Buku, Arpusda, Prototipe

Abstract

Abstract.
This system aims to develop a web application that aims to increase efficiency in library data management. The application development method used is the prototype method. This application is designed to make it easier for people who want to propose new books in the library, can easily propose from anywhere and anytime. The results of the system development show that the use of this web application can reduce the time and effort required in managing book proposal data in libraries. Librarians can easily propose new books in real-time. In addition, this application is also equipped with a feedback feature, so that librarians know the response from the library admin regarding book proposals that have been made. By using this web application, libraries can increase efficiency in data management, reduce human error, and speed up the service process to library members. The results of this study show that 90% of librarians claim to prefer the current current system for proposing books, with the other 10% being librarians who are people who are not familiar with websites.
Keywords: Book proposal; Arpusda; Prototype

Abstrak
Sistem ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi web yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data perpustakaan. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode prototype. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengusulkan buku baru di perpustakaan, dapat dengan mudah usul dari manapun dan kapanpun. Hasil dari pengembangan sistem menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi web ini dapat mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan dalam pengelolaan data usulan buku di perpustakaan. Pustakawan dapat dengan mudah mengusulkan buku baru secara real-time. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur feedback, sehingga pustakawan tau respon dari admin perpustakaan mengenai usulan buku yang telah dibuat. Dengan menggunakan aplikasi web ini, perpustakaan dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data, mengurangi kesalahan manusia, dan mempercepat proses layanan kepada anggota perpustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 90% pustakawan mengaku lebih menyukai sistem terbaru saat ini untuk mengusulkan buku, dengan 10% yang lain merupakan pustakawan yang merupakan masyarakat yang belum akrab dengan website.
Keywords : Usulan buku; Arpusda; Prototipe.

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles