PENGEMBANGAN KONSEP VIRTUAL REALITY UNTUK PERLUASAN PASAR DAN PENINGKATAN KREATIVITAS UMKM LUMINTU

Authors

  • Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin Universitas Dian Nuswantoro
  • Noor Hasyim Universitas Dian Nuswantoro
  • Muslih Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

virtual reality, digital exhibition, marketing, UMKM

Abstract

Abstract.
The Lumintu MSME group still has obstacles in marketing the products it sells. This is
because so far the promotion carried out is only by leaving their products at other business
places. Social media used in conducting promotions is also less effective. Therefore, a creative
innovation is needed so that the promotion carried out by the Lumintu MSME group can run
effectively. One of them is by implementing virtual reality technology in its promotional
activities. Virtual reality is made in the form of digital exhibition media to see products from
Lumintu MSMEs. This research has a limitation of discussion only on the conceptualization of
virtual reality for digital exhibitions. The research method used is descriptive qualitative
because it emphasizes more on understanding meaning. Data collection uses literature
studies, interviews, and observations. The design method used is the multimedia development
life cycle with a focus on the concept stage. The result of this research is a basic concept of a
virtual reality-based digital exhibition application to display various products from Lumintu
MSMEs. By making a detailed concept, this application can easily attract consumers with
innovation in the form of virtual reality.
Keywords: virtual reality, digital exhibition, marketing, UMKM

Abstrak
Kelompok UMKM Lumintu masih memiliki kendala dalam memasarkan produk-produk
yang dijualnya. Hal tersebut disebabkan karena selama ini promosi yang dilakukan yaitu hanya
dengan menitipkan produk-produknya ke tempat usaha lainnya. Media sosial yang digunakan
dalam melakukan promosi juga kurang efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi
yang kreatif agar promosi yang dilakukan oleh kelompok UMKM Lumintu dapat berjalan efektif.
Salah satunya yaitu dengan mengimplementasikan teknologi virtual reality dalam kegiatan
promosinya. Virtual reality yang dibuat berupa media pameran digital untuk melihat produkproduk
dari UMKM Lumintu. Penelitian ini memiliki batasan pembahasan hanya pada
pembuatan konsep dari virtual reality untuk pameran digital. Metode penelitian yang digunakan
yaitu deskriptif kualitatif karena lebih menekankan pada pemahaman makna. Pengumpulan
data menggunakan studi literatur, wawancara, dan observasi. Metode perancangan yang
digunakan yaitu multimedia development life cycle dengan fokus pada tahapan concept. Hasil
dari penelitian ini yaitu sebuah konsep dasar dari aplikasi pameran digital berbasis virtual
reality untuk menampilkan berbagai produk dari UMKM Lumintu. Dengan pembuatan konsep
secara detail maka aplikasi ini dapat dengan mudah menarik konsumen dengan inovasi
berupa virtual reality.
Kata kunci: virtual reality, pameran digital, pemasaran, UMKM

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles