PENGEMBANGAN FITUR DASHBOARD DAN RESPON CUSTOMER PADA APLIKASI TIKET PENGADUAN DI PT.JALA LINTAS MEDIA

Authors

  • Muhammad Wahyu Dismo Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Agus Herlambang Universitas PGRI Semarang
  • Aris Tri Jaka Harjanta Universitas PGRI Semarang
  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang
  • Setyoningsih Wibowo Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Dashboard, PT.Jala Lintas Media, Waterfall

Abstract

Abstract.
Information technology is the means and infrastructure (hardware, software,
useware) systems and methods for obtaining, transmitting, processing, interpreting,
storing, organizing, and using data in a meaningful way. In general there are 2 uses of
information technology or instructional computers and the internet for education and
learning, namely, learning about computers and the internet, namely computers can
be used as learning objects, for example computer science (computer science).
Learning with computers and the internet, namely technology information facilitates
learning in accordance with the applicable curriculum in schools. PT Jala Lintas Media
or abbreviated as PT JLM is a company engaged in information and communication
technology (ICT) services for various business and industry segments. PT. Jala Lintas
Media has a complaint ticket application that is used by customers to report problems
or complaints related to their services. However, currently the complaint ticket
application owned by PT. Jala Lintas Media still has several limitations in terms of
management and responsiveness to incoming complaint tickets. This hinders the
customer service team from taking quick and effective action. In addition, the response
time to complaint tickets by the customer service team still needs to be improved to
increase customer satisfaction. This study discusses the development of dashboard
features and customer ticketing responses. The method used in system development
is the waterfall method with UML tools to design the system. the programming language
used is PHP and the database management system used is mysql. The results of this
study are dashboard features and customer ticketing responses that can help admins
to manage data.
Keywords: Dashboard, customer response, PT. Jala Lintas Media, Waterfall;

Abstrak
Teknologi informasi adalah sarana dan prasarana(hardware, software, useware)
sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan,
menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data secara bermakna. Secara
umum ada 2 pemanfaatan teknologi informasi atau instruksional komputer dan internet
untuk pendidikan dan pembelajaran adalah, learning about computers and the internet,
yaitu komputer dapat dijadikan sebagai objek pembelajaran, misalnya ilmu computer
(computer science).Learning with computers and the internet, yaitu teknologi informasi
memfasilitasi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah.PT Jala
Lintas Media atau disingkat PT JLM merupakan perusahaan yang bergerak dibidang
layanan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk berbagai segmen bisnis dan
industri. PT. Jala Lintas Media memiliki aplikasi tiket pengaduan yang digunakan oleh
pelanggan untuk melaporkan masalah atau keluhan terkait layanan mereka.Namun,
saat ini aplikasi tiket pengaduan yang dimiliki oleh PT. Jala Lintas Media masih
memiliki beberapa keterbatasan dalam hal pengelolaan dan responsifitas terhadap tiket pengaduan yang masuk.Sehingga menghambat tim layanan pelanggan dalam
melakukan tindakan yang cepat dan efektif. Selain itu, waktu tanggapan terhadap tiket
pengaduan oleh tim layanan pelanggan juga masih perlu ditingkatkan untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan.Penelitian ini membahas tentang pengembangan
fitur dashboard dan respon customer ticketing.metode yang digunakan dalam
pengembangan sistem adalah metode waterfall dengan alat bantu UML untuk
mendesain sistem. bahasa pemrograman yang digunakan PHP dan database
management sistem yang digunakan adalah mysql.Hasil dari penelitian ini berupa fitur
dashboard dan respon customer ticketing yang dapat membantu admin untuk
mengelola data.
Kata Kunci: Dashboard, PT.Jala Lintas Media,Waterfall;

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles