MANAGEMENT KEGIATAN PROMOSI PADA PT. JALA LINTAS MEDIA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Authors

  • Titin Agustina Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Agus Herlambang Universitas PGRI Semarang
  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang
  • Aris Tri Jaka Harjanta Universitas PGRI Semarang
  • Nugroho Dwi Saputro Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PT. Jala Lintas Media (JLM), Management, Promosi, Sistem Informasi Geografis (SIG), PHP, MySQL

Abstract

Abstract

Management Information System is a system designed to manage and manipulate activity data within an organization or institution, which aims to assist in the collection, processing, storage, and dissemination of information related to activities carried out. PT Jala Lintas Media (JLM) has a strong commitment to support the development of the digital era in Indonesia by providing an integrated one-stop-solution for customers. JLM has many branches in Indonesia. However, the absence of a management system for promotional activities has resulted in many pamphlets/banners being installed improperly, both in terms of location and number. This study discusses the development of a system for managing the promotional activities of PT. Jala Lintas Media (JLM) based on Geographic Information System (GIS).  The method used in system development is waterfall with UML tools to design the system.  The programming language used is PHP and the database management system used is SQL. The results of this study are in the form of a geographic information system (GIS) based promotional activity management feature that can help PT. JLM manages the distribution of pamphlets/banners.

Keywords: PT. Jala Lintas Media (JLM), Management, Promotion, Geographic Information System (GIS), PHP, MySQL

 

Abstrak

Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk mengelola dan memanipulasi data kegiatan dalam suatu organisasi atau institusi, yang bertujuan untuk membantu dalam pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyebaran informasi terkait kegiatan yang dilakukan.  PT Jala Lintas Media (JLM) memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung perkembangan era digital di Indonesia dengan menyediakan one-stop-solution yang terintegrasi bagi pelanggan.  JLM telah memiliki banyak cabang di Indonesia.  Namun, belum adanya sistem management kegiatan promosi menyebabkan banyak pamflet/banner yang terpasang tidak semestinya, baik tempat maupun jumlahnya. Penelitian ini membaha s tentang pengembangan sistem untuk memanagement kegiatan promosi PT. Jala Lintas Media (JLM) berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah waterfall dengan alat bantu UML untuk mendesain sistem. Bahasa   pemrograman   yang digunakan   PHP dan database   management   sistem yang digunakan adalah SQL. Hasil dari penelitian ini berupa fitur management kegiatan promosi berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dapat membantu PT. JLM mengelola data persebaran pamflet/banner.

Kata kunci: PT. Jala Lintas Media (JLM), Management, Promosi, Sistem Informasi Geografis (SIG), PHP, MySQL

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles