Sistem Gamifikasi dengan Pendekatan Appropriate Payment Reward untuk Peningkatan Loyalitas Pelanggan PT. Jala Lintas Media

Authors

  • Abdun Nafi' Universitas PGRI Semarang
  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang
  • Saeful Fahmi Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Agus Herlambang Universitas PGRI Semarang
  • Aris Tri Jaka Harjanta Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Gamifikasi, Appropriate Payment Reward, Sistem Informasi

Abstract

Abstract.
In an era of increasingly fierce business competition, improving customer loyalty has become a key factor in the success of any company. Companies are required to effectively manage customer loyalty in order to survive and compete with other business competitors. One of the efforts to enhance customer loyalty is by implementing a rewards system as a form of appreciation for customers. In this study, we propose a gamification system with the Appropriate Payment Reward approach as an effort to improve customer loyalty. Gamification is a method that adopts game elements, such as a rewards system, to be applied in business processes. In this research case study, gamification will involve customers of PT. Jala Lintas Media to actively participate in the system through the Appropriate Payment Reward approach. This approach aims to reward customers with points for paying their bills on time. The point scheme will be based on the speed of payment in terms of days. The faster the payment is made, the higher the points obtained. If the payment is delayed, the points will be reduced
based on the number of days of delay. The accumulated points can be redeemed for discount vouchers or merchandise as a form of reward to create an enjoyable and engaging experience for customers. Based on the results of this research, the gamification system with the Appropriate Payment Reward approach can be implemented at PT. Jala Lintas Media as a
strategy to enhance customer loyalty, strengthen the relationship between customers and the company, and improve business success in a competitive market.

Keywords: Gamification; Appropriate Payment Reward; Information System

 

Abstrak
Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, peningkatan loyalitas pelanggan menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi setiap perusahaan. Perusahaan diharuskan mampu mengelola loyalitas pelanggan untuk dapat bertahan dan bersaing dengan kompetitor bisnis lainnya. Salah satu upaya dalam peningkatan loyalitas pelanggan adalah dengan menerapkan
rewards system sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan sistem gamifikasi dengan pendekatan Appropriate Payment Reward sebagai upaya dalam peningkatan loyalitas pelanggan. Gamifikasi merupakan salah satu metode yang mengadopsi elemen - elemen game seperti rewards system untuk diterapkan dalam proses bisnis. Dalam studi kasus penelitian ini, gamifikasi akan melibatkan pelanggan pada PT. Jala Lintas Media untuk berperan aktif ke dalam sistem melalui pendekatan Appropriate Payment Reward. Pendekatan ini bertujuan untuk memberi penghargaan dalam bentuk poin kepada pelanggan yang membayar tagihan tepat waktu. Skema poin yang didapatkan akan diatur berdasarkan kecepatan pembayaran dalam satuan hari. Semakin cepat pembayaran dilakukan, semakin tinggi poin yang didapatkan. Jika pembayaran terlambat, maka poin akan berkurang berdasarkan jumlah hari keterlambatannya. Akumulasi poin dapat diklaimkan menjadi voucher diskon atau merchandise sebagai bentuk penghargaan untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini, Sistem gamifikasi dengan pendekatan Appropriate Payment Reward dapat diterapkan pada PT. Jala Lintas Media sebagai strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, memperkuat hubungan antara pelanggan dan perusahaan serta mampu meningkatkan keberhasilan bisnis di pasar yang kompetitif.
Kata kunci: Gamifikasi; Appropriate Payment Reward; Sistem Informasi

Downloads

Published

2023-07-17 — Updated on 2023-07-17

Issue

Section

Articles