Sistem Informasi Geografis Persebaran Lokasi Taman Kanak - kanak di Kabupaten Rembang
Keywords:
GIS Website, Education, WebsiteAbstract
Abstract
Education is the process of changing the attitudes and behaviors of an individual or a group of people in an effort to mature them through teaching, training, self-control, personality development, intelligence, processes, methods, and acts of educating. The uneven distribution of facilities and ease of access for the community remains a challenge in various regions, including Rembang Regency. This inequality can impact educational disparities and limited access for children in remote areas or those less accessible to school locations. Therefore, a system is needed to accurately and informatively map the locations of kindergartens (TK). A Geographic Information System (GIS) is an effective solution for displaying spatial and non-spatial data in an integrated manner. This study aims to develop a Geographic Information System (GIS) that maps the distribution of kindergarten locations in Rembang Regency using QGIS software. The methods used include the collection of spatial and non-spatial data, as well as map visualization analysis. The result of this research is an interactive digital map that displays the locations of kindergartens in Rembang Regency. This map is expected to assist relevant parties in planning more equitable and efficient education.
Abstrak
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran, pelatihan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, proses, cara, dan perbuatan mendidik. Penyebaran fasilitas yang tidak merata dan mudah di akses oleh masyarakat masih menjadi tantanagan di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Rembang. Ketidakmerataan ini dapat berdampak pada kesenjangan pendidikan dan keterbatansan akses bagi anak-anak daerah terpencil atau kurang terjangkau oleh lokasi sekolah. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang dapat memetakan lokasi-lokasi TK secara akurat dan informatif. Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi solusi yang efektif dalam menampilakn data spasial dan data non-spasial secara integrative. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang memetakan perseb aran lokasi TK di Kabupaten Rembang dengan memanfaatkan perangkat lunak Qgis. Metode yang digunakan menacakup pengumpulan data spasial dan non-spasial, serta analis visualisasi peta. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah peta digital interaktif yang menampilakan lokasi TK di Kabupaten Rembang. Peta ini diharapkan dapat membantu pihak terkait dalam perencanaan pendidikan yang lebih merata dan efisien.