Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur dan Implikasi untuk Pembelajaran di Era Digital

Authors

  • Yungyun Rahayu Universitas PGRI Semarang
  • Anis Sufilah Universitas PGRI Semarang
  • Aris Tri Jaka Harjanta Universitas PGRI Semarang

Abstract

Implementasi Artificial Intelligence (AI) menjadi perhatian signifikan dalam pengembangan sistem pembelajaran di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran dan potensi AI dalam dunia pendidikan melalui pendekatan studi literatur. Dengan menganalisis berbagai referensi ilmiah terkait penerapan AI pada dunia pendidikan Indonesia, hasil uji pada artikel ini menemukan bahwa AI memiliki kontribusi besar dalam mendukung efektivitas pembelajaran, memperluas akses pendidikan, dan mempermudah tugas-tugas administratif guru. Teknologi AI memungkinkan membantu siswa mengembangkan keterampilan serta menyesuaikan model pembelajaran yang dibutuhkan saat ini. Selain itu, AI juga berperan dalam memberikan umpan balik instan, mengidentifikasi kebutuhan khusus siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih personal. Namun, tantangan seperti kesenjangan akses teknologi, kurangnya literasi digital, serta keamanan data masih menjadi hambatan serius yang perlu diatasi. Oleh karena itu, integrasi AI dalam pendidikan harus dilakukan secara bijaksana melalui kesiapan pendidik, pemerataan fasilitas, penguatan infrastruktur digital, dan kebijakan perlindungan data yang kuat. Artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi  pemanfaatan AI secara optimal dalam membentuk sistem yang lebih baik di era digital yang terus berkembang.

Downloads

Published

2025-10-14