SISTEM INFORMASI PENGADUAN PELANGGAN AIR BERBASIS WEBSITE PADA PDAM KABUPATEN GROBOGAN
Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Grobogan merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang pelayanan pengaduan air kepada pelanggan masih bersifat konvensional dimana pelanggan yang ingin mengadukan keluhannya harus datang ke kantor unit wilayah PDAM Kab.Grobogan proses penggaduanpun hanya dapat dilakukan pada hari kerja yaitu Senin - Jumat mulai dari Pukul 07.30 - 15.00 wit. Diluar waktu tersebut pelanggan tidak dapat menyampaikan keluhannya sehingga dianggap kurang efektif. Penilitian ini dilakukan pada kantor Perusahaan Air Minum (PDAM) Kab Grobogan , Bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Web, Metode pengumpulan data yang digunakan Observasi, wawancara, Metode Pendekatan dan Pengembangan Sistem menggunakan pendekatan sistem Bottom-up dan model pengembangan sistem secara waterfall dengan model rancangan Sistem DFD dan ERD. Bahasa Pemrograman yang digunakan adalah HTML, CSS, PHP, serta data basenya menggunakan MySQl. dengan adanya sistem ini diharapkan mempermudah pelanggan dalam mengadukan keluhan air di manapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor PDAM Kab.Grobogan