https://conference.upgris.ac.id/index.php/lpf/issue/feedProsiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum2024-12-31T00:00:00+00:00Affandi Faisal Kaffandifaisal@upgris.ac.idOpen Journal Systems<p>Pendidikan fisika memiliki karakteristik bidang ilmu berdasarkan teori dan aplikasi. Penyelenggaraan pendidikan fisika salah satu bentuknya dalam pembelajaran fisika diupayakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, menumbuhkan rasa ingin tahu, membangun sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Implementasi pembelajaran ini dapat berbentuk inovasi pembelajaran fisika sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEK khususnya <em>green technology</em> yang mengarah pada penelitian ilmu fisika dan pendidikan fisika untuk menghadapi tantangan Era Society 5.0.</p> <p>Terjadi perubahan pendidikan di abad 20 dan 21. Pada 20<sup>th</sup> Century Education pendidikan fokus pada anak informasi yang bersumber dari buku. Serta cenderung berfokus pada wilayah lokal dan nasional. Sementara era 21<sup>th</sup> Century Education, fokus pada segala usia, setiap anak merupakan di komunitas pembelajar, pembelajaran diperoleh dari berbagai macam sumber bukan hanya dari buku saja, tetapi bias dari internet, berbagai macam platform teknologi & informasi serta perkembangan kurikulum secara global, Di indonesia dimaknai dengan merdeka belajar.</p> <p>Relevan dengan pembelajaran fisika, untuk memberi ruang kepada perserta didik untuk menemukan konsep pengetahuan dan kreativitas. Pendidik boleh memilih berbagai model pembelajaran seperti <em>discovery learning, project based learning, problem based learning, dan inquiry learning.</em> Dari berbagai model tersebut mendorong perseta didik untuk membangun kreativitas serta berpikir kritis.</p>