ANALISIS PEMBELAJARAN SISWA LAMBAN BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI BARUSARI 01 SEMARANG

Authors

  • Eka Tria Apriliyani Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Universitas PGRI Semarang
  • Anggun Dwi Setya Putri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pembelajaran, siswa lamban belajar, anak berkebutuhan khusus.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran siswa lamban belajar dan mengetahui penyebab siswa lamban belajar pada anak berkebutuhan khusus di kelas IV A SD Negeri Barusari 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga siswa lamban belajar di kelas IV A SD Negeri Barusari 01 Semarang. Ketiga siswa lamban belajar tersebut dalam kegiatan pembelajaran sering tertinggal dibandingkan teman-temannya, selalu mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), lebih pasif, lebih sensitif, kurang fokus, sering bermain sendiri ketika guru menjelaskan materi, dan kesulitan dalam menghafal serta pemahaman. Hal ini disebabkan karena kognitif siswa lamban belajar terbatas, sehingga setiap mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, jawaban tidak sesuai dengan soal dan diisi semampunya. Sekolah tersebut belum menyediakan guru pendamping khusus (GPK) untuk membantu siswa yang berkebutuhan khusus, sehingga yang menangani dari guru kelas masing-masing. Hal ini membuat guru merasa kesulitan, karena tidak hanya memfokuskan pada siswa berkebutuhan khusus  tetapi juga siswa reguler. Beberapa faktor yang menyebabkan ketiga siswa lamban belajar di kelas IV A yaitu faktor sebelum lahir, faktor saat proses kelahiran, dan faktor keturunan indigo disebabkan karena ketidaksesuaian karakteristik sekolah yang membuatnya tidak berprestasi optimal secara akademisnya.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles