KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR DEKORATIF PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 BARUSARI SEMARANG

Authors

  • Istika Praja Wulandari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Mei Fita Asri Untari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Sukamto Sukamto UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

keefektifan pembelajaran, picture and picture, dekoratif

Abstract

Deskripsi data disusun berdasarkan hasil uji coba dan hasil penelitian. Pada awal penelitian, peneliti melakukan uji coba instrumen yang dilaksanakan di SDN 02 Barusari Semarang pada kelas IV dengan jumlah siswa 25. Adapun hasil uji coba instrumen dengan jumlah butir 25 soal berupa Pilihan ganda. Terdapat 20 soal valid dan 5 soal tidak valid.. Hasil uji coba instrumen dianalisis untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, serta daya pembeda. Setelah menganalisis hasil uji coba instrumen, peneliti melakukan penelitian di SDN 02 Barusari Semarang. Penelitian ini menggunakan kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Pengambilan data siswa diperoleh dari nilai pretest dan nilai posttest berupa soal menggambar. Pengambilan nilai pretest dilakukan pada pertemuan pertama sebelum siswa mendapatkan perlakuan penggunaan model Picture and picture dengan materi gambar dekoratif, sedangkan nilai posttest dilakukan pada pertemuan ketiga setelah siswa mendapatkan perlakuan dengan penggunaan model Picture and picture.Pengambilan data nilai siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Adapun hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian Hasil penelitian diperoleh dari nilai pretest dan nilai posttest. Nilai pretest dan nilai posttest dinyatakan tuntas apabila mencapai KKM 70 nilai pretest sebesar 56,06, dari jumlah 33 siswa terdapat 8 siswa tuntas dan 25 siswa tidak tuntas sedangkan rata-rata posttest sebesar 80,15, dari 33 siswa terdapat 31siswa tuntas dan 2 siswa tidak tundas. Selisih nilai pretest dan posttest yaitu sebesar 24,09. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang diberi perlakuan penggunaan model Picture and Picture  dalam pembelajaran SBdP menggambar dekortaif mengalami peningkatan. Hasil nilai pada penelitian ini yang dijadikan sebagai data akhir penelitian yaitu nilai posttest.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles