Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar
Keywords:
Pecahan, Soal Cerita, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar di lingkungan Kelurahan Karangturi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pedekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pedoman wawancara. Tes kemampuan menyelesaikan soal cerita yang digunakan berupa soal essai yang terdiri dari 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kemampuan memahami masalah sebesar 96% dengan kategori sangat baik. (2) Kemampuan merencanakan pemecahan masalah sebesar 56% dengan kategori cukup. (3) Kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah sebesar 80% dengan kategori baik. (4) Kemampuan memeriksa kembali upaya yang diperoleh sebesar 40% dengan kategori kurang. Dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin baik atau semakin tinggi indikator pencapaian yang dimiliki siswa maka kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita siswa tersebut akan semakin baik atau semakin tinggi.