EVALUASI KUALITAS WEB E-COMMERCE INDONESIA OLEH UMKM BATIK KOTA PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP

Authors

  • Era Yunianto
  • Ign. F. Bayu Andoro S

Abstract

Kota Pekalongan merupakan kota penghasil batik yang terkenal. Adopsi teknologi informasi dalam pemasaran
produk batik merupakan salah satu usaha dalam memperluas akses pasar. e-commerce (electronik commerce)
merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh UMKM batik dalam memasarkan produknya. Adopsi ecommerce
memberikan manfaat yang besar bagi pelaku usaha. Pelaku usaha yang berpengalaman menggunakan ecommerce
mulai menyadari bahwa penentu utama keberhasilan bukan hanya website dan harga barang yang rendah
melainkan kualitas website e-commerce yang baik. Terjadi kesulitan pengukuran kualitas web dengan banyak kriteria
bersifat subjektif, sehingga diperlukan metode yang memperhatikan kriteria bersifat subjektif. Metode yang sering
digunakan adalah fuzzy AHP (Analytic Hierarchy Process). Penelitian ini akan melakukan evaluasi kualitas web ecommerce
Indonesia oleh UMKM Batik Pekalongan menggunakan metode Fuzzy AHP. Web e-commerce yang
dievaluasi merupakan peringkat tiga besar alexa rank kategori e-commerce Indonesia. Dalam pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang diberikan pada UMKM batik Pekalongan. Dari hasil penelitian, kriteria kualitas web
e-commerce antara lain : kualitas pelayanan (bobot 30.4%), kualitas sistem (bobot 21.7%), kualitas informasi (bobot
25.7%) dan kualitas vendor (bobot 22.2%). Dari hasil perangkingan, tokopedia (46.7%) menduduki peringkat teratas
disusul oleh bukalapak (33.0%) dan lazada (20.2%). Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi UMKM
Batik Pekalongan dalam pemilihan website e-commerce yang berkualitas dalam memasarkan batik secara online.
Kata Kunci: Fuzzy AHP, kualitas e-commerce Indonesia

Downloads

Published

2018-08-07