DIGITALISASI KATALOG KARYA MAHASISWA DESAIN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN PAMERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI KARYA
Keywords:
e-katalog, Pameran, Project Based LearningAbstract
Pameran bagi mahasiswa desain komunikasi visual menjadi sarana unjuk karya hasil pembelajarannya
sebagai wujud evaluasi dan apresiasi karya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk merancang katalog
digital yang berisi karya-karya pameran mahasiswa sebagai proses apresiasi karya dan dokumentasi karya
yang berkelanjutan. Pameran yang biasanya terbatas durasi waktu penyelenggaraannya akan menjadi “kekal”
dengan dokumentasi terstuktur dan mudah diakses melalui katalog digital. Metode penelitian menggunakan
metode kualitatif yang lebih ditekankan pada observasi, wawancara, dokumentasi. Melalui implementasi
pameran berbasis project learning dan perancangan digitalisasi katalog, capaian pembelajaran dalam
peningkatan kualitas apresiasi karya dapat tercapai.