PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS WEB DINAS SOSIAL KOTA SEMARANG
Keywords:
Sistem,Abstract
Pada Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Sosial kota Semarang kec Semarang Tengah, surat merupakan
sarana penting. Informasi – Informasi penting dan rahasia terkait dengan instansi tersebut terkandung.
Ketepatan diperhatikan, oleh karena itu pengelolaan surat masuk dan surat keluar harus dilaksanakan dengan
tepat. Pada saat ini, prosedur yang masih diterapkan pada pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada
bagian Unit Pelaksanaan Teknik Dinas Sosial Kota Semarang Kec Semarang Tengah mulai dari penerimaan,
pembuatan, penyimpanan, semua dilakukan secara konvesional. Dokumentasi surat masuk dan surat keluar
hanya berupa penulisan didibuku besar. Dengan adanya masalah tersebut, Unit Pelaksanaan Teknis Dinas
Sosial kota Semarang kec Semarang Tengah dirasa perlu untuk merubah metode pengelolaan spersuratan yang
saat ini mereka gunakan dab metode manajemen persuratan yang terkomputerisasi dan otomatis. Adapun
metode penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi adalah pustaka,
observasi, wawancara, analisis data dan system, perancangan sistem, pembuatan program, pengujian program,
implementsi program. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang dapat mengelola surat
masuk dan surat keluar sesuai alur yang ditetapkan, dan dapat menyelesaikan masalah yang ada saat ini