PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP N 1 GUBUG
Keywords:
Rasa percaya diri, Bimbingan kelompokAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang tidak berani untuk mengungkapkan pendapatnya, kurang percaya diri ketika disuruh maju didepan kelas, menghindar ketika ingin ditanya oleh guru, berbicara dengan gugup dan masih ragu dengan kemampuan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian true eksperimental design dengan model pretest dan posttest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas VIII G yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepercayaan diri. Berdasarkan hasil pretest rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 88,3 dan kelompok kontrol adalag 80,1. Sedangkan hasil posttest dapat dilihat setelah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan skor dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan traetment. Rata-rata posttest skor kelompok eksperimen adalah 9,15 dan kelompok kontrol adalah 83,0. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh dengan hasil thitung = 2,694, selanjutnya yang dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikasi 5% (0,05) yaitu 2,056. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung 2,694 > ttabel 2,056, maka hipotesis (Ha) diterima yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug” diterima kebenaranyya pada taraf siginifikasi 5% dengan demikian menunjukkan bahwa layanna bimbingan kelompok dapat meningkatan rasa percaya diri siswa Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah layanan bimbingan kelompok ini dapat digunakan untuk membantu siswa menuntaskan tugas perkembangannya secara optimal. Tentunya pada siswa yang masih kurang percaya diri .