HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEJENUHAN BELAJAR : STUDI LITERATUR

Authors

  • Renny Sulistiyoningrum Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Nurul Hidayah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Efikasi diri; Kejenuhan Belajar

Abstract

Salah satu permasalahan yang dialami oleh peserta didik dalam proses belajar adalah kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar ini dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal termasuk didalamnya adalah tingkat efikasi diri yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang hubungan antara efikasi diri dengan kejenuhan belajar yang dialami peserta didik. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur dengan mengumpulkan beberapa penelitian sejenis yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara efikasi diri dengan kejenuhan belajar serta sebagai langkah awal dalam rangka untuk menyiapkan kerangka penelitian yang bertujuan memperoleh informasi penelitian sejenis dan memperdalam kajian teoritis tentang efikasi diri dan kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan kejenuhan belajar dimana semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki maka semakin rendah tingkat kejenuhan belajar yang dialami peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian dari peneliti dalam negeri maupun luar negeri.

Downloads

Published

2024-01-15