Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 30 Semarang
Keywords:
Konseling Kelompok; Teknik Assertive Training; Perilaku AsertifAbstract
Perilaku asertif bagi remaja memiliki peran untuk memudahkan bersosialisasi dengan lingkungannya, menghindari konflik karena bersikap jujur. Perilaku asertif dapat di tingkatkan melalui Konseling kelompok dengan teknik assertive training, karena dalam konseling kelompok peserta didik di harapkan mampu mengungkapkan perasaan, kesulitan menyatakan “tidak”, mengungkapkan afeksi dan respon positif lainnya kepada anggota lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training efektif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik kelas VIII di SMPN 30 Semarang. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasinya berjumlah 97 dan sampel sebanyak 20 peserta didik yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan perhitungan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dengan 4 alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sampel t-test pada kelompok eksperimen dengan hasil post-test sebesar 54,80 yang sebelumnya pada pre-test hanya 45,80. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif pada kelompok eksperimen dalam meningkatkan perilaku asertif peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Semarang.