Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Semarang

Authors

  • Nurfa’izah Nurfa’izah Universitas PGRI Semarang
  • Wiwik Kusdaryani Universitas PGRI Semarang
  • Alis Nihlatin Nisa Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Percaya Diri, Interaksi sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara percaya diri dengan interaksi sosial siswa kelas X SMK Negeri 2 Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Semarang dengan jumlah 429, kemudian dipilih sampel penelitian yang sesuai dengan tabel penentuan jumlah sampel dari Issac dan Michael sebanyak 195 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Teknik penggumpulan data menggunakan angket variabel percaya diri (X) dan variabel Interaksi sosial (Y) dengan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara percaya diri dengan interaksi sosial nilai korelasi menunjukkan angka signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Person Correlation menunjukkan angka positif signifikansi 0,487 >0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara percaya diri dengan interaksi sosial diterima. Jadi “adanya hubungan antara percaya diri dengan interaksi siswa kelas X SMK Negeri 2 Semarang” artinya semakin tinggi percaya diri maka interaksi sosial tinggi, sebaliknya semakin rendah percaya diri maka interaksi sosial rendah.

Downloads

Published

2024-01-15