Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran
Keywords:
Keterampilan kolaborasi, Pembelajaran, Peserta DidikAbstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi peserta didik di era abad 21. Keterampilan kolaborasi memiliki dampak positif yang signifikan bagi peserta didik sekolah menengah kejuruan. Maka dari itu penting untuk mengetahui profil tingkat keterampilan kolaborasi peserta didik di SMK Negeri 2 Semarang selama mengikuti proses pembelajaran, serta untuk mendiskripsikan faktor penyebabnya. Metodologi yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan sampel jenuh. Sampel terdiri dari 72 peserta didik kelas XI Manajemen Perkantoran & Layanan Bisnis. Teknik pengumpulan data menggunakan formulir daring berupa skala psikologis keterampilan kolaborasi yang didasarkan pada aspek-aspek keterampilan kolaborasi. Analisis statistik deskriptif dan pengkategorian diguanakan sebagai analisis data. Hasil penelitian mengambarkan angka 54,99 sebagai tingkat keterampilan kolaborasi peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan skor standar deviasi sebesar 8,211, yang berarti peserta didik mayoritas mengalami keterampilan kolaborasi dengan tingkatan rendah. Tingkat keterampilan kolaborasi peserta didik manajemen perkantoran & layanan bisnis menunjukkan bahwa 25 peserta didik (34,8%) dikategorikan memiliki tingkat keterampilan kolaborasi sedang, sementara 47 peserta didik (65,2%) sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas peserta didik memeliki keterampilan kolaborasi rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik, baik melalui pengembangan kurikulum yang lebih holistik, penggunaan metode pembelajaran yang mengutamakan kolaborasi, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keterampilan kolaborasi dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari