Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kendal

Authors

  • Bayu Kresna Mukti Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • G. Rohastono Ajie Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bayu Kresna; kecerdasan Emosional; Perencanaan Karir; Siswa.

Abstract

Setiap individu memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, perencanaan karir adalah langkah-langkah yang dilakukan seseorang dalam mencapai tujuan karirnya. Perencanaan karir yang tepat berdasarkan pemikiran yang objektif, kritis dan rasional akan sangat membantu siswa menentukan keputusan karirnya. Sedangkan Kecerdasan emosional dua kali lebih penting dengan kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan perencanaan karir siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam pentuk expost fakto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi SMK N 1 Kendal tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 82 orang dengan menggunakan teknik sampling berbentuk simpel random sampling, data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis korelasi spearman demgan taraf siknifikansi 0,005. Hasil dari penelitian ini menunjukan signifikansi 0,000 < 0,005 dan nilai koefisien korelasi antara dua variabel sebesar 0,444 artinya hipotesis yang menyatakan terdapat hubugan antara kecerdasan emosional dengan perencanaan karir siswa dapat di terima.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan agar mencermati faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap perencanaan karir seperti pengaruh orang tua, serta bakat dan minat yang dimiliki individu.

Downloads

Published

2024-01-15