Identifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Akupintar di SMK Negeri 6 Semarang

Authors

  • Fitria Musannadah Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yuliejatiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Doni Dwi Jayanto SMK N 6 Semarang

Keywords:

Gaya Belajar; Visual; Auditori; Kinestetik.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal, yakni identifikasi gaya belajar peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X jurusan perhotelan di SMKN 6 Semarang yang berjumlah 140 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar yang telah dimuat dalam aplikasi Akupintar. Gaya belajar yang diidentifikasi yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peserta didik pada jurusan perhotelan SMKN 6 Semarang memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik, dari 140 peserta didik diperoleh 7 peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 9 peserta didik memiliki gaya belajar auditori, dan 124 peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik.

Downloads

Published

2024-01-15