Analisis Tingkat Coping Mechanism Berbasis Gender Siswa Kelas X di SMAN 5 Semarang

Authors

  • Recha Rahmasari Sukma Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Leni Iffah SMA N 5 Semarang

Keywords:

Coping Mechanism, Gender, Tingkat.

Abstract

Berdasarkan hasil pengematan di lapangan terdapat beberapa siswa laki-laki dan perempuan yang belum bisa menyelesaikan permasalahan dengan coping mechanism-nya, menurut versi mereka sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat coping mechanism antara siswa laki-laki dan perempuan. Populasi ini adalah siswa kelas X SMA N 5 Semarang dengan jumlah 432, kemudian dipilih sampel penelitian sesuai dengan tabel penentuan jumlah sampel dari Slovin sebanyak 207 siswa. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan random sampling. Dengan satu variabel dan dua kelompok sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat coping mechanism antara siswa laki-laki dan perempuan pada siswa kelas X SMA N 5 Semarang. Dengan hasil penelitian yang telah dilakukan yang menyatakan pada uji T menunjukkan angka positif 0,065 > 0,05. Oleh karena itu, guru BK SMA N 5 Semarang diharapkan dapat melaksanakan layanan BK yang berkaitan dengan coping mechanism siswa baik siswa laki-laki dan perempuan, agar dapat membantu siswa dalam mengatur dan mengelola stres pada diri sendiri sehingga mencegah mereka melakukan tindakan negatif untuk memecahkan masalahnya.

Downloads

Published

2024-01-15