Tingkat Pemahaman Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 36 Semarang
Keywords:
Perilaku BullyingAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kuantitaif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman bullying pada siswa kelas IX SMP Negeri 36 Semarang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 36 Semarang yang berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini skala perilaku bullying akan dibagikan kepada 30 siswa SMP N 36 Semarang melalui link google form yang digunakan untuk memperoleh data atau informasi terkait pemahaman siswa mengenai perilaku bullying. Pemahaman siswa mengenai perilaku bullying secara umum memperoleh persentase sebesar 70,3 % atau sebanyak 21 siswa. Hal ini dapat diartikan bahwa sebagian siswa kelas IX E SMP memiliki pemahaman mengenai perilaku bullying pada ketegori “rendah”. Data yang telah dikumpulkan dari para responden yang berada pada “sedang” terdapat 7 siswa atau 23,1 %, pada kategori “rendah” terdapat 21 siswa atau 70,3% dan pada kategori “sangat rendah” terdapat 2 siswa atau 6,6%.