INTERVENSI MINDFUL BREATHING UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X
Keywords:
Penulis; Mindful Training, Teknik Breathing, Kecemasan AkademikAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kecemasan pada peserta didik. Ketidakmampuan peserta didik untuk beradaptasi dengan program dan ketentuan kurikulum yang telah diterapkan dapat menyebabkan peserta didik mengalami kecemasan akademik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat kecemasan pada peserta didik ialah dengan menerapkan mindfulness training teknik breathing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penerapan mindfulness breathing untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan akademik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Semarang dengan sampel penelitian adalah kelas X-A berjumlah 36 peserta didik menggunakan purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kecemasan akademik sebelum diberikan perlakukan (pretest) sebesar 70,06 atau 73% dan nilai rata-rata tingkat kecemasan akademik setelah diberikan perlakukan (posttest) sebesar 65,78 atau 69%. Sehingga dapat disimpulkan intervensi mindfulness teknik breathing efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akademik pada peserta didik.