Gambaran Kesejahteraan Siswa pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ismi Fatimah Universitas PGRI Semarang
  • Wiwik Kusdaryani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kesejahteraan subjektif; kurikulum merdeka belajar ; School wellbeing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kesejahteraan siswa pada implementasi kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini siswa SMA/SMK di Jawa Tengah, dengan sampel 107 siswa. Tenik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Brief Adolescent Subjective Well-Being in School Scale (BASWBSS). Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat kesejahteraan siswa pada implementasi kurikulum merdeka ada pada kategori tinggi, dengan persentase sebesar 74%. Dimensi loving pada dimensi scholl wellbeing siswa, berada pada kategori sangat tinggi. Namun perlu diperhatikan bahwa afek negatif siswa memiliki persentase pada kategori sedang yaitu 53%. Untuk itu diharapkan hasil penelitian ini mampu menjadi rujukan guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan konseling dalam menekan afek negatif yang dialami siswa.

Downloads

Published

2024-01-15