ANALISIS PENGGUNAAN CYBER COUNSELING DI MAN 2 SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rafika Maharani Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Cyber Counseling, Pandemi, Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberian layanan guru bimbingan dan konseling menggunakan media berbasis chat berupa whatsapp dan telegram, seperti memberikan layanan informasi, kemudian untuk membantu permasalahan siswa yang berkaitan dengan masalah pribadi guru bimbingan dan konseling dapat berhubungan langsung menggunakan WhatsApp. melalui panggilan video. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan konseling siber di MAN 2 Semarang pada masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jumlah sampel atau responden dalam penelitian ini adalah guru BK, guru kelas dan dua siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah implementasi yang tepat dari penggunaan cyber konseling dalam situasi pandemi seperti saat ini yang terjadi di tahun 2020. Layanan yang tepat untuk dilakukan dengan menggunakan cyber konseling adalah layanan individu, bimbingan kelompok. Jenis cyber konseling apa yang digunakan di MAN 2 Semarang yaitu Wa, email, Google form, Microsoft teams. Antusias siswa selama pelaksanaan cyber konseling, siswa sangat antusias dalam pelaksanaan cyber konseling. Evaluasi terhadap setiap kegiatan pelaksanaan layanan melalui konseling siber. Manfaat dari konseling siber adalah memudahkan proses pembinaan konseling sesuai dengan perkembangan teknologi/online. Hambatan apa yang terjadi selama pelaksanaan konseling siber yang paling banyak ditemui yaitu kendala jaringan internet.

Downloads

Published

2024-01-15