KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SEMARANG

Authors

  • Ema Febriyanti Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kepercayaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi.

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini berdasarkan data awal dari AKPD, DCM, dan Observasi adalah kurangnya kepercayaan diri siswa. Hal ini terlihat saat siswa kurang nyaman pada saat dimintai pendapat, suara bergetar saat tampil didepan kelas atau ruang google meeting, kecenderungan memiliki rasa rendah diri, mudah marah tanpa mengetahui penyebabnya, kurang adanya rasa tanggung jawab didalam diri dan merasa malu ketika berinteraksi dengan guru, teman sebaya, serta warga sekolah lainnya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk true eksperimen design dengan design pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang dengan jumlah 225 siswa. Sampel yang terpilih adalah VIII A yang berjumlah 32 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control dengan menggunakan Teknik pengambilan probability sampling berbentuk cluster sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala percaya diri.

Hasil analisis skala psikologis percaya diri siswa menunjukkan bahwa adanya perbedaan rata-rata setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknikdiskusi yaitu kelompok eksperimen ( 72,8125 ) dan kelompok kontrol ( 64,75 ). Berdasarkan hasil uji t diketahui taraf signifikan 5% untuk ttabel ( 30 = 0,05 ) = 1,697 maka thitung > ttabel, 4,877 > 1,697 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis penelitian ini berbunyi “ Adanya Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang “. Keefektifan ditunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi mampu mengatasi permasalahan dalam diri siswa dengan treatment yang diberikan sehingga kepercayaan diri didalam diri siswa meningkat.

Downloads

Published

2024-01-15