Hubungan Kontrol diri dengan Prilaku Menyontek siswa kelas XI

Authors

  • Rahayu Mubarokah Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Upi Lutfiah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kontrol diri, prilaku, menyontek,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi menunjukan bahwa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, ternyata tidak lepas dari perilaku menyontek. Hal ini diperkuat dengan hasil AKPD yang menunjukkan bahwa terdapat 2,55% (tinggi) memilih butir angket Saya kadang-kadang masih suka menyontek pada waktu tes. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap hubungan kontrol diri dengan prilaku menyontek siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penetian ini adalah seluruh kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dalam penelitian ini untuk menentukan jumlah sampel dari populasi tersebut maka peneliti mempertimbangkan dengan melihat Tabel Issac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%, sehingga ditentukan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 161 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment sebesar 0.000, maka hasil tersebut < 0.05 dan dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel bebas (Kontrol Diri) berhubungan dengan variabel terikat (Perilaku Menyontek). Dengan kategori hubungan yang kuat sesuai dimana nilai koefisien korelasinya - 0.608 maka dari hasil tersebut hubungan antara variabel bebas dan terikat memiliki hubungan yang negatif. Hal tersebut juga dapat diartikan bahwa semakin tinggi kemampuan kontrol diri siswa maka semakin rendah perilaku menyontek siswa begitu pula sebaliknya, semakin rendah kontrol diri siswa maka semakin tinggi perilaku menyontek siswa.

Downloads

Published

2024-01-15