Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Semarang

Authors

  • Riana Ayu Oktaviani Universitas PGRI Semarang
  • Wiwik Kusdaryani Universitas PGRI Semarang
  • Ariswati Ariswati SMK N 2 Semarang

Keywords:

Konsep diri, penyesuaian diri, siswa.

Abstract

Penelitian Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Semarang di latar belakangi oleh rendahnya kamampuan penyesuaian diri siswa, hal ini ditandai dengan hasil AKPD yang masih banyak siswa memilih butir item “saya belum banyak mengenal lingkungan sekolah”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Semarang dengan jumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui skala konsep diri dan skala penyesuaian diri. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,738. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 71 dengan taraf signifikasi 5% diperoleh sebesar 0,233. Oleh karena itu nilai r hitung 0,738 > r tabel 0,233 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Negeri 2 Semarang. Hubungan tersebut menunjukkan ke arah hubungan positif, dikarenakan nilai r hitung yang diperoleh bertanda positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika konsep diri semakin tinggi maka kepercayaan diri siswa juga semakin tinggi, begitu sebaliknya jika konsep diri siswa rendah maka kepercayaan diri siswa juga rendah.

Downloads

Published

2024-01-15