Fenomena Circle Pertemanan terhadap Perilaku Bullying di Sekolah
Keywords:
Circle Pertemanan, BullyingAbstract
Fenomena bullying sering terjadi di lingkungan pendidikan khususnya di sekolah. Perilaku bullying meliputi penyebaran gosip, menolak untuk berteman, menghina, menertawakan, menampar, melempar sesuatu, menarik rambut dan kekerasan fisik lainnya. Circle pertemanan menjadi salah satu faktor perilaku bullying pada remaja di sekolah karena kebanyakan dari peserta didik kurang memiliki pemahaman tentang dampak negatif perilaku bullying sehingga mereka menerima dan melakukan bullying terhadap teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis circle pertemanan terhadap perilaku bullying pada peserta didik SMK Negeri 6 Semarang yang merupakan sekolah dengan jumlah 80% peserta didik perempuan sehingga terdapat banyak circle pertemanan di dalamnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui studi kasus Home Visit dilanjutkan dengan metode wawancara (Indepth Interview).