IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN KURIKULUM DARURAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 7 SEMARANG

Authors

  • Annisa Fitriani Universitas PGRI Semarang
  • Primela Mutiara Sani Nova Universitas PGRI Semarang
  • Devy Hasiananda S Universitas PGRI Semarang

Keywords:

ayanan Bimbingan dan Konseling, Kurikulum darurat, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada berbagai hal salah satu yang terdampak adalah dunia pendidikan. Lembaga pendidikan diharuskan menyiapkan strategi khusus untuk melaksanakan pembelajaran di saat pandemi covid-19 karena proses pembelajaran dilakukan secara tatap maya, pembelajaran tatap maya merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. SMK Negeri 7 Semarang menerapkan kurikulum darurat covid-19 agar dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengenai pelaksanaan kurikulum darurat covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dengan kurikulum darurat di SMK Negeri 7 Semarang. Adapun hambatan dalam penerapan kurikulum darurat covid-19 yaitu (1) waktu pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terbatas, (2) tidak memiliki jadwal jam pelajaran khusus.

Downloads

Published

2024-01-15