EFEKTIVITAS MINDFULNESS TRAINING TEKNIK DEEP BREATHING UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI PESERTA DIDIK KELAS 10 SMA NEGERI 6 SEMARANG
Keywords:
Mindfulness training; teknik deep breathing; kontrol diri.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya kontrol diri remaja awal. Rendahnya tingkat kontrol diri pada peserta didik dapat berakibat pada perilaku yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kontrol diri peserta didik ialah dengan menerapkan mindfulness training teknik deep breathing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan mindfulness training teknik deep breathing untuk membantu meningkatkan kontrol diri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental design dengan jenis one group pretetst-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Kota Semarang, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X-C berjumlah 36 peserta didik menggunakan purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness therapy teknik deep breathing efektif untuk meningkatkan kontrol diri peserta didik yang ditunjukkan dengan hasil data statistik nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 49,78 untuk nilai pre-test dan 60,47 untuk rata-rata nilai post-test, mengalami peningkatan sebesar 10,69.