TINGKAT KETERBUKAAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Irvan Nurul Auladi Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari SETIANINGSIH Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keterbukaan Diri, Siswa

Abstract

Self-disclosure (keterbukaan diri) merupakan keretampilan berkomunikasi dimana kita membagi informasi tentang diri kita yang biasanya dirahasiakan atau disimpan kepada orang lain sebagai upaya membangun kualitas interaksi sosial dengan orang lain menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan desain deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang. Sampel yang digunakan berjumlah 123 dari 297 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala keterbukaan diri. Validitas konstruk, dan reliabilitas diuji dengan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dilakukan dengan bantuan fasilitas aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan keterbukaan diri (self-disclosure) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang berada pada kategori sedang. Dari ketujuh aspek, aspek Jumlah (keluasan) memiliki kontribusi paling besar dalam variabel keterbukaan diri. Saran diberikan peneliti kepada Siswa, Guru dan Peneliti selanjutnya.

Downloads

Published

2024-01-15