PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS 8I SMP NEGERI 36 SEMARANG

Authors

  • Rizqi Amaludin Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Nanik Dwi Hastuti SMP N 36 Semarang

Keywords:

kecanduan; game online; prestasi belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP N 36 Kota Semarang, Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 36 Kota Semarang yang berjumlah 270 siswa dengan penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu didapat siswa kelas VIII I yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket skala likert untuk mengumpulkan data peserta didik tentang kecanduan game online dan untuk pengumpulan data prestasi belajar siswa peneliti mengumpulkan data akumulasi skor hasil belajar peserta didik yaitu nilai rata-rata rapot di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian di temukan bahwa adanya korelasi yang berkaitan antara kecanduan game online dengan prestasi belajar peserta didik sebesar -0,646, nilai (-) nenujukkan bahwa hubungan antar kedua variabel bersifat negatif. Sedangkan hasil uji t didapat hasil sebesar 4,482, yang membuktikan adanya pengaruh antara kecanduan game online dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII I. Besarnya pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar dilihat dari nilai R Square ialah sebesar 41,8%, sedangkan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel X.

Downloads

Published

2024-01-15