Merancang Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak

Authors

  • Ellya Rakhmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kekerasan Seksual, Anak Usia Dini, Penanganan, Pendidikan Seksual

Abstract

ABSTRAK

Peningkatan kasus kekerasan seksual anak semakin banyak setiap tahunnya. Data terkait korban atau pelaku kekerasan seksual di Indonesia belum terintegrasi atau merepresentasikan situasi kekerasan seksual secara nasional atau global. Oleh sebab itu diperlukan upaya preventif kekerasan seksual melalui pemberian pendidikan seksual anak usia dini yang diberikan oleh orang tua dan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru TK dapat merancang penanganan kasus kekerasan seksual pada anak. Metode penelitian yang digunakan ialah literature review. Literature review tentang kekerasan seksual anak dan pendidikan seksual anak usia dini. Pencarian jurnal, buku dan sebagainya dengan mengakses database Google Scholar, PubMed, ProQuest dan sebagainya dalam rentang tahun penelitian (2016-2023). Hasil dari sebelas (11) jurnal penelitian sebelumnya dianalisis serta diintervensi dari segi strategi, media, metode dan materi pendidikan seksual supaya peneliti dengan mudah untuk merancang penanganan kasus kekerasan seksual pada anak. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian pendidikan seksual anak usia dini dapat mengurangi peristiwa kekerasan seksual melalui pengenalan bagian tubuh sesuai jenis kelamin; anggota tubuh yang perlu dirawat dan dijaga baik; sentuhan baik dan tidak baik. Komunikasi ditunjang dengan media, metode, strategi, dan materi pembelajaran supaya anak dapat memahami materi pendidikan seksual. Peneliti ingin mencoba merancang penanganan kasus kekerasan seksual pada anak supaya sekolah, guru, dan orang tua dapat memahami gejala perubahan sikap dan perilaku yang ditujukkan orang dewasa kepada anak usia dini.

Downloads

Published

2024-01-15