Hubungan Kontrol diri dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI di SMK N 4 Semarang
Keywords:
kontrol diri, disiplin belajar siswaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sebuah informasi dari hubungan kontrol diri dengan disiplin belajar kelas XI SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian menerapkan metode pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian yakni siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang berjumlah 612 orang yang memiliki sample dengan penelitian ini yaitu 242 siswa. Penentuan sampel untuk siswa menggunakan sample random sampling. Instrumen yang dilakukan oleh peneliti yakni menggunakan skala kontrol diri dan skala disiplin belajar yang dikembangkan dan sudah diuji validitas dan realibilitas. Uji hipotesis dengan uji korelasi product moment pearson. Analisis korelasi yang berupa product moment pearson menunjukan hasil yang positif. Sehingga bertambah tinggi kontrol diri, maka bertambah tinggi juga tingkat disiplin belajar siswa. Kebalikannya, bertambah rendah tingkat seseorang dalam mengkontrol diri, maka bertambah rendah pula tingkat dari disiplin belajar siswa.