Hubungan Kontrol diri dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI di SMK N 4 Semarang

Authors

  • Stevi Ardiana Sari Universitas PGRI Semarang
  • Anis Nurhaning Tyas Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kontrol diri, disiplin belajar siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sebuah informasi dari hubungan kontrol diri dengan disiplin belajar kelas XI SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian menerapkan metode pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian yakni siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang berjumlah 612 orang yang memiliki sample dengan penelitian ini yaitu 242 siswa. Penentuan sampel untuk  siswa menggunakan sample random sampling. Instrumen yang dilakukan oleh peneliti yakni menggunakan skala kontrol diri dan skala disiplin belajar yang dikembangkan dan sudah diuji validitas dan realibilitas. Uji hipotesis dengan uji korelasi product moment pearson. Analisis korelasi yang berupa product moment pearson menunjukan hasil yang positif.  Sehingga bertambah tinggi kontrol diri, maka bertambah tinggi juga tingkat disiplin belajar siswa. Kebalikannya, bertambah rendah tingkat seseorang dalam mengkontrol diri, maka bertambah rendah pula tingkat dari disiplin belajar siswa.

Downloads

Published

2024-01-15