Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Inklusi di SD Negeri Susukan 04 Ungaran Timur Judul Bahasa Indonesia
Keywords:
Peran Guru,Implementasi Pendidikan InklusiAbstract
ABSTRAK
ADINDA SEKAR DEWANI. NPM 19110037. “Peran Guru Dalam Implementasi Pendidikan Inklusi di SD Negeri Susukan 04 Ungaran Timur”. Skripsi. Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Eka Sari Setianingsih, S.Pd.,M.Pd. Dosen pembimbing II MA Primaningrum Dian, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog.2023Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penyelenggaraan pendidikan inklusi di SD Negeri Susukan 04 Ungaran Timur yang beberapa guru masih menyamaratakan anak ABK dengan anak regular lainnya dengan menerapkan metode serta proses pembelajaran yang sama. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi di sekolah dasar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah yang ada di SD Negeri Susukan 04 sebanyak 3 orang guru kelas rendah, 1 kepala sekolah, 2 rekan kerja guru, dan 3 orang tua anak berkebutuhan khusus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa peran guru di SD Negeri Susukan 04 cukup baik. Peran yang paling dominan pada guru di sekolah tersebut ialah peran mendidik dan peran membimbing. Kesimpulan dari peran guru tersebut ialah, peran guru di SD Negeri Susukan 04 berada pada kategori baik, ditunjukan adanya keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar.