Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Efikasi Diri Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Halimatun Nihayah Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Nurul Hidayah MAN 1 Semarang

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Remaja, Perkembangan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh data yang menunjukkan bahwa beberapa peserta didik kelas X MAN 1 Kota Semarang memiliki efikasi diri yang rendah. Sebagai individu, peserta memiliki tugas perkembangan yang harus dipenuhi, salah satunya yaitu efikasi diri atau keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya. Efikasi diri dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam mengelola emosi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap efikasi diri peserta didik. Pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan instrumen kecerdasan emosional dan efikasi diri yang diadopsi dari penelitian sebelumnya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 143 dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana menggunakan SPSS

26.00. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap efikasi diri peserta didik dengan R(Square) sebesar 0,416 yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki hubungan dengan efikasi diri sebesar 41,6%.

Downloads

Published

2024-01-15