Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SDN 6 Batursari, Mranggen

Authors

  • Farah Titania Syafika Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama; Empati

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Subjek peneltian adalah siswa SDN 6 Batursari yang berjumlah 10 orang, dipilih dengan teknik purposive sampling. Proses pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, meliputi tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan penutup yang berjalan berdasarkan rencana pemberian layanan (RPL) yang telah dibuat. Berdasarkan analisis skor, tingkat empati diri subjek penelitian sebelum perlakuan (pre-test) adalah 52,3 % dan tingkat empati diri siswa setelah perlakuan (post-test) menerapkan bimbingan kelompok teknik sosiodrama meningkat menjadi 64% dengan peningkatan 11,7%. Hasil pengujian menggunakan rumus uji t dengan menggunakan softwere SPSS versi 29.0.0.0 for windows, nilai signifikansi hitung (Sig.2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 pada taraf signifikansi 95 %, dengan nilai signifikansi hitung < 0,05. Oleh sebab itu, hipotesis alternative (Ha) diterima, yang menunjukan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terbukti mampu meningkatkan empati siswa.

Downloads

Published

2024-12-03